LANGKAH DAN STRATEGI BELAJAR METODE KONSTRUKTIVISME

Picture source :bubblebudkids.com
Didalam pembelajaran Banyak langkah dan strategi belajar yang bisa dilakukan oleh pendidik. Dengan variasi yang baik akan memungkinkan tingkat kejenuhan dalam proses belajar bisa diatas. Oleh karena itu guru harus mampu menjembatani dengan cara memilih metode dan strategi yang tepat dalam proses penyampaian materi pelajaran. salah satu strategi pembelajaran yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan metode belajar konstruktivisme dalam aktivitas belajar mengajar dengan peserta didik
 

LANGKAH DAN STRATEGI BELAJAR METODE KONSTRUKTIVISME

LANGKAH LANGKAH BELAJAR MENGGUNAKAN METODE KONSTRUKTIVISME
  • Identifikasi tujuan. disini langkah awal adalah dengan cara mengidentifikasi tujuan yang dilakukan oleh guru. disini murid diberikan batasan masalah sesuai dengan pokok bahasan penelitian, diberikan pengarahan serta evaluasi terhadap setiap langkah yang dikerjakan dengan melakukan penelitian.
  • Menyesuaikan materi pelajaran dengan obyek kajian. langkah kedua yang harus dilakukan oleh pengajar adalah memberikan peta konsep mengenai materi mana saja yang bisa digunakan ketika melakukan penelitian dilapangan. materi yang diberikan harus relevan dengan obyek penelitian yang dilakukan oleh murid.
  • Identifikasi dan klarifikasi pada tahap ini murid diukur pengetahuan, konsep pemikiran dan pemahamannya terkait bidang ilmu yang bisa mendukung penelitiannya.
  • Perencanaan program penelitian. langkah selanjutnya dalam model pembelajaran konstruktivisme adalah merencanakan sebuah program penelitian yang akan dilaksanakan. disini murid dibimbing oleh guru untuk menentukan batasan masalah, ruang lingkup pembahasan, sasarannya hingga responden yang mendukung jalannya penelitian.
  • Implementasi program pembelajaran. setelah menyelesaikan ke empat poin diatas, guru masuk ke tahap implementasi program pembelajaran yang dilakukan secara aktual dihadapan kelas. disini guru melakukan sharing dengan murid terkait pengalaman yang bisa dijadikan bahan pemikiran, menggali kembali ide siswa dan restrukturisasi ide yang ada.kemudian guru memberika arahan agar tidak mengacaukan antara kasus konflik konstruktivisme dengan model pembelajaran konstruktivisme.
  • Evaluasi awal. Sebelum lanjut ke ketahap selanjutnya, pengajar terlebih dahulu memberikan evaluasi mengenai konstruksi pemahaman yang telah dilakukan.
  • Klarifikasi kembali konsep pemikiran yang resisten. siswa dapat mengubah konsep awal
  • Pertanggung jawaban terhadap hasil pembelajaran.

LANGKAH DAN STRATEGI BELAJAR METODE KONSTRUKTIVISME

STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME

Dalam strategi pembelajaran konstruktivisme, minimal ada dua macam strategi yaitu, strategi langsung atau tatap muka dan strategi tidak langsung atau non tatap muka. Untuk lebih jelasnya, simak uraiannya sebagai berikut
 
Pembelajaran Tatap Muka Secara umum tatap muka terdiri dari tiga bagian, yaitu:
  • Pendahuluan: Memberikan "orientasi" dan "penggalian ide" untuk mengetahui pra-konsepsi pebelajar.
  • Inti: Merupakan bagian terbesar pembelajaran, digunakan untuk menfasilitasi "restrukturisasi ide" mengarah ke perbaikan konsep, pembelajar menilai apakah ide-ide itu sudah mendekati konsep ilmiah yang sesungguhnya. Selanjutnya memberi kesempatan kepada pebelajar untuk "mengaplikasikan ide-ide" yang baru dipelajari untuk memecahkan berbagai masalah. Peman pebelajar atas ide-ide itu sebenamya baru, namun akan mantap setelah digunakan untuk memecahkan masalah.
  • Penutup: Melakukan "review perubahan ide" untuk membandingkan ide yang telah dipelajari dengan ide awal yang muncul saat penggalian ide.
Strategi Belajar Non Tatap Muka
Dalam pembelajaran non tatap muka "restrukturisasi ide" dan "aplikasi ide" dapat terus difasilitasi; bedanya proses pembelajaran pebelajar, tanpa pengawasan pembelajar. Tugasnya bisa bersifat terstruktur (sesuai dengan perencanaan pembelajar), dapat juga mandiri (sesuai dengan minat masing-masing pebelajar). Secara skematik strategi pembelajaran yang mengadopsi konstruktivisme disajikan pada gambar berikut:


Demikian langkah langkah dan strategi pembelajaran yang bisa dilakukan untuk implementasi model konstruktivisme.

Belum ada Komentar untuk "LANGKAH DAN STRATEGI BELAJAR METODE KONSTRUKTIVISME"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel