MENYIKAPI RESPON BERBEDA PADA PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIK

picture source: google.com
Sebagaimana tema pada konsep teori belajar humanistik bahwa humanistik memandang manusia sebagai subyek yang bebas merdeka untuk menentukan arah hidupnya. manusia bertanggung jawab penuh atas hidupnya sendiri dan juga atas hidup orang lain. pendekatan yang lebih tepat untuk merespon murid dengan analisis jawaban yang berbeda beda pada soal studi kasus yang sama adalah dengan :
  • Mengajak berdialog. pendekatan dialogis mengajak murid berpikir bersama secara kritis dan kreatif dengan cara meminta murid menjelaskan alasan memilih jawaban terebut. jika dirasa terlalu jauh dari jawaban yang diharapkan guru memberikan masukan serta mengarahkan, memberi contoh kasus serupa beserta solusinya sehingga murid mampu menganalisis kembali jawaban sebelumnya.

MENYIKAPI RESPON BERBEDA PADA PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIK.

  • Melakukan refleksi. mengajak peserta didik untuk berdialog dengan dirinya sendiri dengan segala potensinya (realisasi dan aktualisasi diri), dengan demikian guru tidak mengambil alih tanggung jawab, melainkan sekedar membantu dan mendampingi peserta didik dalam proses menganalisis kasus tersebut.
  • Pendekatan humanistis menekankan bahwa pendidikan pertama-tama dan yang utama adalah bagaimana menjalin komunuikasi dan relasi personal antar pribadi-pribadi dan antar pribadi dan kelompok dalam komunitas sekolah. Guru hendaknya mampu menerima diri sebagaimana adanya kemudian mengungkapkan secara jujur. mendidik tidak sekedar mentransfer ilmu pengetahuan, melatih keterampilan kepada murid namun bagaimana memberikan bantuan agar murid dapat menumbuhkembangkan dirinya secara optimal.
  • Menyadari bahwa pendidikan merupakan suatu proses pertumbuhan yang sedang dan akan terus berubah, Guru mampu mengenali perkembangan setiap individu sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan.

Belum ada Komentar untuk "MENYIKAPI RESPON BERBEDA PADA PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel