KOMPETENSI GURU ABAD 21

Bismillah,
SlidePlayer.info

Terlepas dari perdebatan tentang kurikulum 2013 dan kebutuhan belajar yang diperlukan pada abad ke-21, peranan guru tetap diharapkan menjadi ujung tombak dalam pendidikan, terutama di sekolah. Guru abad ke-21 yang efektif memerlukan kemahiran dalam menilai penggunaan teknologi yang edukatif dan non edukatif. Guru hendaknya terus-menerus mengevaluasi kemampuan siswa yang dibutuhkan untuk bersaing dalam ekonomi global.
Sebagai Konsekuensi , Guru abad ke-21 harus menjadi pembelajar seumur hidup dan harus bersedia untuk belajar tidak hanya dari rekan-rekan mereka tetapi dari siswa mereka juga. Adapun Hal hal yang perlu perhatikan dan dimiliki sebagai seorang pendidik abad 21 bisa dijabarkan sebabai berikut :


1.Guru sadar akan tren teknologi yang cepat berubah selaras dengan arah ekonomi, proyeksi masa depan yang dibutuhkan bisnis dan industri; sadar akan peluang karir bagi anak-anak di tahun-tahun mendatang dan semua keterampilan pendidikan yang diperlukan dan bakat yang diperlukan untuk memungkinkan anak-anak untuk memposisikan diri untuk bersaing. Guru yang baik abad ke-21 selalu mendorong untuk memastikan bahwa siswa mereka tidak tertinggal di belakang kemajuan. Terakhir, guru baik abad ke-21 bukan guru dalam ruang hampa, mereka progresif dalam mendorong perubahan sistemik melalui kurikulum, anggaran, dan bijaksana ,pengawasan strategis pengambilan keputusan untuk memastikan bahwa persiapan anak-anak saat ini selalu terfokus mempersiapkan mereka untuk dunia di mana mereka akan tinggal dan bekerja - bukan dunia saat ini di mana para guru harus menavigasi dan diam ."

2.Sebagai Pendidik abad ke-21 kita harus menjadi pemikir yang encer, siap untuk melihat situasi dengan segar dan kreatif . Dia harus melampaui secara jelas untuk melihat pola yang mendasari dan isu-isu inti dari suatu keadaan tertentu.

3.Saya telah menemukan bahwa tidak hanya untuk guru, tetapi siapa pun yang terlibat dengan menggunakan teknologi untuk meningkatkan produktivitas mereka , apakah itu di bidang manufaktur , penjualan dan pemasaran , ilmu pengetahuan dan penelitian , atau pendidikan , kualitas yang paling penting adalah untuk menjadi fleksibel , hidup - pembelajar seumur , bersedia menerima dan merangkul perubahan , bersedia untuk membuat kesalahan dan salah (dengan peringatan bahwa dari kesalahan perbaikan yang dibuat dan keterampilan baru yang dipelajari) , dan untuk menjaga fokus pada proses dan hasilnya, daripada alat.

4."Di era berbasis teknologi ini, lebih penting daripada itu bahwa kita membina hubungan dengan dan antar siswa kita. Kita harus menjadi model sopan santun, kita menjadi model berkomunikasi, dan kita harus menjadi model rasa hormat dan kerjasama - siswa kita membutuhkan kita untuk menunjukkan kepada mereka bagaimana memperlakukan satu sama lain . Mereka mungkin memiliki 500 teman di Facebook, tapi apakah mereka tahu bagaimana menjadi teman? Teknologi dapat mendorong isolasi karenanya keterampilan hubungan antarpribadi itu harus diajarkan di kelas kita agar siswa kita bisa melanjutkan untuk menjadi efektif di tempat kerja dan dalam hidup mereka . Membantu siswa belajar pelajaran kehidupan menjadi semakin lebih penting -hubungan interpersonal, membiarkan siswa tahu bahwa guru benar-benar peduli untuk mereka dan akan membantu siswa menjadi lebih sukses dalam hidupnya”.

5."Anak usia sekolah yang jauh juah lebih mengadopsi teknologi informasi dan komunikasi. Sistem pendidikan tidak perlu mengajar mereka bagaimana menggunakan teknologi ini, tetapi harus mengakui bahwa teknologi dapat membantu siswa belajar lebih banyak dan lebih cepat . Teknologi kelas juga dapat membuat lebih efisien penggunaan waktu guru, apakah itu dengan alat-alat untuk persiapan pelajaran, pelajaran presentasi, pelajaran umpan balik, penilaian tingkat pekerjaan rumah, penilaian , atau tingkatan. Guru abad ke-21 yang efektif akan memerlukan kemahiran dalam menilai penggunaan terknologi edukatif dan non-edukatif - teknologi yang tersedia untuk mereka dan siswa mereka di sekolah dan di rumah . Potensi rendah teknologi adalah potensi mereka untuk non-produktif menggunakan waktu -buang waktu dan sumber daya meskipun keuntungannya adalah signifikan jika digunakan dengan benar .
Demikianlah kami sebagai pendidik dalam proses belajar mengajar, tentu masih banyak hal yang musti di tingkatkan agar profesionalime tetap terjaga dan bersinergi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Belum ada Komentar untuk "KOMPETENSI GURU ABAD 21"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel