MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI ABAD 21


Source:google
A..PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN DARI SUDUT PANDANG BEBERAPA AHLI :

1) Schramm (1977) adalah Media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang
    dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran
2) Briggs (1977) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk
    menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya
3) Gagne (1990) menempatkan media sebagai komponen sumber, mendefinisikan media sebagai     “komponen sumber belajar di lingkungan peserta didik yang dapat merangsangnya untuk belajar
4) Arief S. Sadiman (1986) memiliki perbedaan mendasar media pembelajaran adalah
    segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan  pesan dari pengirim ke penerima, sehingga dapat merangsang  pikiran, perasaan, perhatian  dan minat siswa sehingga proses belajar terjadi.
Berdasarkan anailisis saya terkait dengan pandangan yang paling relevan dengan kondisi pembelajaran student centered learning adalah menurut Gagne (1990) yang mengartikan media pembelajaran sebagai jenis komponen dalam lingkungan peserta didik yang dapat merangsang mereka untuk belajar.  Dari pendapat tersebut Gagne menempatkan media pembelajaran sebagai sarana yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik untuk belajar.
Menurut pandangan ahli-ahli yang lain menyampaiakan bahwa pengertian dari media pembelajaran adalah sebagai sarana bagi guru untuk membantu dalam menyampaikan sebuah informasi atau pengajaran agar lebih mudah dipahami oleh siswa. Dengan demikian pandangan beberapa ahli yang lain menunjukkan bahwa fungsi media pembelajaran masih terfokus pada peran guru dalam menyampaikan sebuah informasi atau pengajaran.
Berbeda dengan pandangan ahli-ahli yang lain ,Gagne yang menyampaikan bahwa media pembelajaran adalah komponen dalam lingkungan yang dapat merangsang peserta didik untuk belajar, sehingga berdasarkan pandangan ini maka media pembelajaran lebih terfokus pada aktifitas siswa dalam rangka meningkatkan motivasi mereka untuk belajar dengan memanfaatkan berbagai komponen yang ada untuk belajar. Dengan demikian pandangan ini lebih memberikan kesempatan siswa sebagai subjek belajar. Sehingga media pembelajaran pada akhirnya dapat dimanfaatkan oleh siswa dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya.
Menurut saya Pandangan yang paling relevan dengan situasi saat ini adalah pandangan dari Gagne, Dan agar lebih sempurna dilengkapi dengan pandangan Arief S. Sadiman. yang menambahkan pertimbangan perhatian dan minat belajar Peserta Didik.

B. KLASIFIKASI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PERKEMBANGAN TEKNOLOGI ELEKTRONIKA, SERTA TEKNOLOGI KOMPUTER DAN INFORMATIKA ABAD 21 SAAT INI?
Ada beberapa klasifikasi media pembelajaran, diantaranya:
1.Klasifikasi berdasarkan bentuk dan ciri fisik media pembelajaran.Yang dikemukakan oleh Setyosari & Sihkabuden (2005):
a)Media pembelajaran dua dimensi (2D)
Yaitu media yang tampilannya dapat diamati dari satu arah pandangan saja, yang hanya dilihat dimensi panjang dan lebarnya, Misalnya: peta, gambar, bagan, grafik, papan tulis, dan semua jenis media yang hanya dilihat dari sisi datar saja.
b)Media pembelajaran tiga dimensi (3D)
Yaitu media yang tampilannya dapat diamati dari arah pandang mana saja, dan mempunyai dimensi panjang, lebar, dan tinggi. Misalnya meja, kursi, mobil, rumah, bola, kotak, dan sebagainya.
c)Media pandang diam
Yaitu media yang menggunakan media proyeksi yang hanya menampilkan gambar diam di layar (tidak bergerak/statis). Misalnya foto, tulisan, atau gambar binatang yang dapat diproyeksikan.
d)Media pandang gerak
Yaitu media yang menggunakan media proyeksi yang dapat menampilkan gambar bergerak dilayar, termasuk media televisi dan video tape recorder termasuk media pandang gerak yang disajikan melalui layar (screen) di komputer atau layar lainnya.

2.Klasifikasi  berdasarkan unsur pokok atau indra yang dirangsang, Media pembelajaran diklasifikasikan menjadi tiga macam, yaitu:
a. Media audio
Yaitu media yang menghasilkan bunyi yang hanya bisa diterima melalui media
pendengaran. Contohnya yaitu radio, kaset, audio dan MP3.
b. Media visual
Yaitu media yang hanya mengandalkan indra penglihatan. Media visual menampilkan materinya dengan menggunakan alat proyeksi atau proyektor, karena melalui media ini perangkat lunak (software) yang melengkapi alat proyeksi ini akan dihasilkan suatu bias cahaya atau gambar yang sesuai dengan materi yang diinginkan. Contohnya yaitu foto, gambar, poster, kartun, grafik dan lain-lain.
c. Media audio-visual.
Yaitu media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar .Sehingga media audio-visual disebut juga sebagai media video.Video merupakan media yang digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran.Dalam media video terdapat dua unsur yang saling bersatu yaitu audio dan visual.Adanya unsur audio memungkinkan siswa untuk dapat menerima pesan pembelajaran melalui pendengaran, sedangkan unsur visual memungkinkan penciptaan pesan belajar melalui bentuk visualisasi.

3.Klasifikasi media menurut penggunaannya Menurut Gerlach dan Ely dibagi menjadi
dua, yaitu:
A.Berdasarkan jumlah penggunaanya, meliputi:
a)Penggunaan secara individual, yakni metode penggunaannya secara individual. Contohnya:
    1)Kelas atau laboratorium elektronik, berupa: (Laboratorium bahasa, Laboratorium bahasa        dengan media visual, Laboratorium mobil, tanpa atau dengan media visual, Laboratorium Ilmu           Pengetahuan Alam, Laboratorium Ilmu Pengelahuan Sosial, Laboratorium pusat         sumberbelajar).
    2)Media oto- instruksi, berupa: Alat-alat pemeriksa dan pendengar individual, Buku pelajaran         berprogama, Mesin instruksional, Kotak unit pengajaran. Satu unit instruksional yang         dilengkapi dengan buku teks film-strip,tape recorder, gambar-gambar dan bahan latihan.
b)Penggunaanya secara berkelompok, misalnya film dan slide.
c)Penggunaanya secara missal, misalnya televisi.

B.Berdasarkan cara penggunaannya
1)Media tradisional atau konvensional (sederhana).
Media ini meliputi semua media pembelajaran dan bahan sumber belajar yang bisa digunakan oleh guru dalam mengajar dikelas. Setiap guru secara individual memegang peranan penting dalam proses pembelajaran yaitu berupa semua media yang biasa digunakan guru di dalam kelas, laboratorium, atau di luar kelas, baik dalam kelompok kecil maupun kelompok besar.
2)Media modern atau kompleks
Media modern seperti computer diintegrasikan dengan media lainnya

Belum ada Komentar untuk "MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI ABAD 21"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel