inspiration of life

Poem, Politic, Knowledge, Saints, Education, Advertisement and etc.
selamat datang di blog kami,

ANDA boleh saja mengkopy paste file yang saya tampilkan, tetapi mohon dengan hormat mencantumkan URL/alamat site kami sebagai sumber dari artikel anda.

terima kasih atas kunjungan anda. semoga dapat memberi sedikit inspirasi bagi anda... thanks and have a nice day

Cari Blog Ini

Minggu, 12 Juni 2011

sistem pendidikan terbaik didunia.

Pendidikan merupakan sebuah tumpuan yang digunakan untuk mengukur ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas baik dalam pengetahuan dan kemampuan. selama ini mungkin kita tidak pernah menyadari bahwa sistem pendidikan yang dijalankan oleh indonesia adalah sistem yang terbaik didunia. sebagai mana kita ketahui bahwa kurikulum di indonesia mencakup berbagai bidang ilmu. sejak tingkat sekolah dasar, para pelajar di indonesia telah mendapatkan berbagai macam pengetahuan baik sosial maupun science. Mulai dari ipa dan ips, fisika, kimia, biologi, bhs indonesia, matematika. seni dan budaya, bahasa inggris, ekonomi, dll.

Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dari siswanya sendiri. Harapannya adalah setelah lulus dari pendidikan formal, seorang siswa menjadi ahli dalam berbagai bidang ilmu. namun sangat disayangkan, bahwa sistem yang begitu baik tersebut tidak berjalan dengan mulus. fakta dilapangan, hanya gara gara sistem pendidikan yang terbaik (pemberian semua materi pelajaran),penguasaan siswa terhadap semua bidang ilmu yang mereka berikan menjadi setengah setengah. Siswa menjadi stress karena harus belajar banyak materi saat ujian nasional.bahkan lebih parahnya lagi hingga menimbulkan korban jiwa. 

Pemerintah seharusnya memulai memusatkan pendidikan siswa sejak dini. yaitu menyiapkan pendidikan sesuai dengan hobi dan minat siswa. sistem yang begitu baik tersebut ternyata tidak relevan lagi dengan perkembangan jaman. walaupun sistem pemusataan pada minat juga memiliki keterbatasan, tetapi hasilnya akan lebih efektive dan terarah dibandingkan dengan sistem yang telah dijalankan oleh pemerintah indonesia. kita seharusnya mulai mencontoh sistem yang digunakan oleh negara negara maju, mereka telah memulai dengan sistem yang baru yang tidak menekankan pada standar nilai yang tinggi. tetapi mereka akan menggolongkan kemampuan siswa melalu tes IQ (KECERDASAN) kemudian mereka memberikan pembelajaran terhadap siswa sesuai dengan minat siswa. Bidang yang dipelajari oleh siswa pun juga dibatasi. sehingga mereka dapat fokus belajar dengan baik dan menyenangkan.

2 komentar:

  1. Setuju banget pak,memang seharusnya kita punya banyak pengetahuan,tp minimal kita harus punya 1 hal yg kita bener-bener ahli dibidang itu,,,,fokus :)

    BalasHapus
  2. . iya, selama ini kita banyak pengetahuan tetapi nggak ada yang maksimal. semoga generasi kita tidak seperti apa yang kita dapatkan. tentunya perubahan yang terbaik bagi mereka. thanks for your comment,sir,have a nice days.

    BalasHapus