inspiration of life

Poem, Politic, Knowledge, Saints, Education, Advertisement and etc.
selamat datang di blog kami,

ANDA boleh saja mengkopy paste file yang saya tampilkan, tetapi mohon dengan hormat mencantumkan URL/alamat site kami sebagai sumber dari artikel anda.

terima kasih atas kunjungan anda. semoga dapat memberi sedikit inspirasi bagi anda... thanks and have a nice day

Cari Blog Ini

Minggu, 12 Juni 2011

DEMOKRASI ATAU DEMOCRAZY....

 
Berbicara tentang kata demokrasi, sepertinya tidak akan habisnya. kata tersebut memiliki makna yang sangat rumit dan membingungkan.bagaimana tidak, demokrasi telah menjadi alat untuk berbagai kepentingan, sehingga makna sesungguhnya menjadi kabur dan ambigu. hal tersebut bukan karena demokrasinya yang salah, tetapi lebih kepada yang menjalankannya.
realitasnya, semua negara didunia menyatakan dan mendeklarasikan bahwa negaranya adalah negara yang demokrasi, walapun bentuk negara tersebut, monarki, kesultanan, kerajaan, kekaisaran union,commonwealth (persemakmuran) dll. sebagaimana kita ketahui bahwa "sistem demokrasi berasal dari negara barat. mari kita telisik bagaimana sistem ini berjalan disana. Negara AMERIKA yang menyatakan dirinya negara demokrasi tidak menjalankan sistem tersebut sepenuhnya. bagaimana tidak, sebagian kebijakan yang diambil oleh pemerintah tidak sesuai dengan aspirasi rakyat, kebijakan ekonomi yang dijalankan oleh negara tersebut dibuat atas dorongan segelintir pebisnis yang tidak pro rakyat.mereka menseting beberapa kebijakan sesuai dengan kehendak mereka, dengan dalih demokrasi.  jika ada negara yang tidak menganut faham demokrasi, AMERIKA akan melawan bahkan membencinya dan memaksa negara tersebut untuk berdemokrasi?.. apakah demokrasi bersifat memaksa seperti yang amerika lakukan?.. lalu siapa yang akan menghakimi AMERIKA ketika negara ini menyimpang dari aturan demokrasi?..

contoh yang kedua adalah dari negara yang menganut sistem monarki, benarkah demokrasi berjalan dengan baik?... sebenarnya secara bahasa demokrasi telah patah maknanya ketika sebuah negara menganut sistem monarki. pemilihan kepala negara didasarkan atas garis keturunan sama sekali tidak mencerminkan demokrasi. mengapa para raja/ atau ratu tidak pernah berasal dari luar trah keturunan raja?...hal ini sama halnya dengan sistem negara yang menggunakan sistem kesultanan dan apalagi commonwealth country. negara commonwealth secara kasat mata mereka seolah olah berdiri sendiri dan mengatur segala kepentingannya, tetapi faktanya ada berbagai tekanan dan campurtangan dalam kebijakan yang diambil oleh pemerintah commonwealth country. sungguh ironis bukan?..

PERTANYAANNYA ADALAH ?, DEMOKRASI YANG DIANUT NEGARA MANA YANG PALING BENAR DAN SESUAI DENGAN MAKNA ASLINYA?..jika hanya dilihat dari sisi secara tidak utuh, thats oke, no problems, tetapi semakin kita mencermati secara mendalam, makna demokrasi dan tujuan sesungguhnya adalah hanya sebuah alat. alat yang bekerja untuk sebuah KEPENTINGAN  dan tidak lebih dari itu. 

kesimpulannya adalah demokrasi tidak pernah ada dan tidak pernah benar dimata negara manapun. demokrasi hanya benar ketika itu sebuah  teory implementasinya tidak. demokrasi hanyalah utopia.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar