CIRI CIRI KARAKTER PESERTA DIDIK


artikelpe.blogspot.com
Karakteristik adalah mengacu kepada karakter dan gaya hidup seseorang serta nilai-nilai yang berkembang secara teratur sehingga tingkah laku menjadi lebih konsisten dan mudah di perhatikan.(Moh. Uzer Usman,1989).  Untuk mengetahui karakter belajar peserta didik kita bisa mengidentifikasi peserta didik bedasarkan karakter yang terlihat. Berikut kami lampirkan ciri karakter peserta didik:





SISWA VISUAL N :
1.       Rapi dan teratur
2.       Berbicara dengan cepat
3.       Mementingkan penampilan, baik dlm pakaian maupun presentasi
4.       Biasanya tidak terganggu oleh keributan
5.       Lebih suka membaca daripada dibacakan
6.       Mencoret-coret tanpa arti selama berbicara di telpon/kuliah
7.       Lebih suka demonstrasi daripada berpidato
8.       Sering menjawab pertanyaan dengan jawaban singkat, ya/tidak!
9.      Mempunyai masalah untuk mengingat instruksi verbal kecuali jika ditulis, dan sering kali minta bantuan orang untuk mengulanginya
10.     Mengingat apa yang dilihat daripada apa yang didengar, dll

SISWA AUDITORIAL O :
1.       Berbicara kepada diri sendiri saat bekerja
2.       Mudah terganggu oleh keributan
3.       Menggerakkan bibir dan mengucapkan tulisan di buku saat membaca
4.       Merasa kesulitan untuk menulis, namun hebat dalam bercerita
5.       Lebih suka gurauan lisan daripada komik
6.       Berbicara dalam irama terpola
7.       Belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan daripada yang dilihat
8.       Suka berbicara, suka berdiskusi dan menjelaskan sesuatu panjang lebar
9.       Dapat menirukan warna, irama dan nada suara, dll

SISWA KINESTETIK N :
1.       Berbicara dengan perlahan
2.       Menanggapi perhatian fisik
3.       Menyentuh orang untuk mendapat perhatian mereka
4.       Berdiri dekat ketika berbicara dengan orang
5.       Selalu berorientasi pada fisik dan banyak bergerak
6.       Menghafal dengan cara berjalan dan melihat
7.       Menggunakan jari sebagai petunjuk saat membaca
8.       Banyak menggunakan isyarat tubuh
9.       Mempunyai perkembangan awal otot-otot yang besar
10.     Sulit mengingat peta kecuali jika dirinya pernah berada di tempat itu
11.     Kemungkinan tulisannya jelek
12.     Tidak dapat duduk diam untuk waktu lama

Setiap orang memiliki berbagai cara untuk memperoleh keahlian, oleh karena itu sebaiknya pembelajaran diarahkan untuk mengakomodasi beragam gaya dan cara belajar siswa. Pembelajaran abad ke-21  memerlukan pembelajaran yang lebih personal untuk mendukung kreativitas sesuai dengan karakter siswa . Menurut Redecker et al. (2011), personalisasi memiliki implikasi tentang apa, bagaimana dan di mana guru mengajar. Personalisasi dapat terjadi melalui kolaborasi. Kolaborasi memungkinkan proses berbagi inovasi terjadi lebih cepat dan informasi tentang bakat serta kemajuan siswa lebih segera diketahui. Guru untuk  abad ke-21  diharapkan dapat  menumbuhkan rasa  ingn tahu  dan menginspirasi  siswa untuk  mengeksplorasi berbagai  aplikasi  untuk  pengetahuan  dan  keterampilan  yang  telah  mereka pelajari. Desain pembelajaran akan memainkan peran sentral dalam keberhasilan pembelajaran abad ke-21.  Kreativitas dan  kemampuan guru  untuk  merancang  kegiatan belajar  yang menarik  sangat penting dalam hal ini. McLoughlin dan Lee (2008) menyatakan bahwa praktek pembelajaran yang efektif dan inovatif akan berbeda sesuai dengan mata pelajaran, namun tekanannya pada hal-hal yang tidak jauh berbeda  yaitu: kompetensi  digital yang berfokus pada  kreativitas dan  kinerja  individu; strategi untuk meta-learning, termasuk pembelajaran yang dirancang; model penalaran induktif dan kreatif, dan  pemecahan masalah; penyusunan konten pembelajaran dan pembentukan pengetahuan secara kolaboratif; pembelajaran horizontal (peer-to-peer), dan hal lainnya. 

Belum ada Komentar untuk "CIRI CIRI KARAKTER PESERTA DIDIK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel