inspiration of life

Poem, Politic, Knowledge, Saints, Education, Advertisement and etc.
selamat datang di blog kami,

ANDA boleh saja mengkopy paste file yang saya tampilkan, tetapi mohon dengan hormat mencantumkan URL/alamat site kami sebagai sumber dari artikel anda.

terima kasih atas kunjungan anda. semoga dapat memberi sedikit inspirasi bagi anda... thanks and have a nice day

Cari Blog Ini

Kamis, 25 Juni 2015

ROKOK MEMBUNUHMU! APAKAH SEKEDAR SLOGAN?....

"Artikel ini dibuat sebagai bentuk keprihatinan atas kondisi yang terjadi saat ini bahwa korban rokok telah menjadi masalah serius bagi kita semua. semoga artikel ini nanti bisa memberikan gambaran ilmiah bagaimana ROKOK telah merusak kondisi kesehatan masyarakat."

        Merujuk buku yang ditulis oleh JOHN CROFTON AND SIMPSON yang berjudul " TOBACCO: A GLOBAL THREAT" dikatakan bahwa konsumsi tembakau didunia akan mengancam kehidupan umat manusia didunia. menurut data WHO (WORLD HEALTH ORGANIZATION) memprediksi bahwa 1 milyar orang akan meninggal akibat langsung karena rokok di abad-21, apabila kita berjalan ditempat dalam menangani masalah ini. 

           Berdasarkan inisiatif WHO maka pada tahun 2008 dibentuklah FCTC/ Framework Convention On Tobacco Control atau konvensi kerangka kerja pengendalian tembakau yang mendorong semua anggota yang berjumlah 161 negara untuk menyetujui rencana ini. Indonesia sampai detik ini justru belum menandatangani FCTC. Hal ini diungkapkan oleh Prof.Dr.Junith Mackay, senior advisor, World Lung Foundation and Senior Policy Advisor, TFI, WHO " semua negara di ASIA telah meratifikasi FCTC kecuali indonesia"

          TAHUKAH ANDA? pada tahun 2005 , pengeluaran masyarakat akibat kesakitan dan kematian tembakau (rokok) DI INDONESIA MENCAPAI 167 TRILYUN. ANGKA INI SETARA DENGAN 3 KALI LIPAT PENDAPATAN NEGARA DARI PAJAK DAN CUKAI TEMBAKAU YANG MENCAPAI 50an TRILLIUN PERTAHUN. 

APAKAH ALASAN EKONOMI MASIH LOGIS UNTUK DIBICARAN DENGAN MENGETAHUI KONDISI DIATAS?...SILAHKAN MELANJUTKAN MEMBACAUNTUK ALASAN LEBIH LANJUT YANG DIJAMIN LOGIS DAN DAPAT DIPERTANGGUNG JAWABKAN.

        Iklan dan rokok demikian gencar dilakukan oleh produsen rokok, dan parahnya tidak ada regulasi yang mengatur siapa yang diijinkan membeli rokok. iklan yang demikian ini telah meracuni generasi muda kita yang seharusnya dilindungi. sebagaimana kita tahu bahwa peningkatan konsumsi rokok diindonesia justru menyasar ke kalangan muda, hal ini bukan secara kebetulan, tetapi pihak produsen tahu bahwa anak muda adalah aset jangka panjang konsumen rokok. selama anak mudanya merokok, maka produsen rokok bisa melangsungkan produksinya dan meraup untung hingga jangka waktu tak terbatas karena kecanduan.

        Korban jiwa yang disebabkan oleh rokok diseluruh dunia berjumlah 5,4 JUTA JIWA SETAHUN. sama halnya apabila 17 buah pesawat jumbo yang berkapasitas 853 penumpang, berjatuhan setiap hari setiap tahun. ( 17 JET X 853 penumpang X 30hari X 12 bulan = 5.220. 360. jumlah korban tersebut melebihi jumlah korban yang meninggal akibat HIV/AIDS,TBC, Malaria, Bencana alam dan lain lain. 
           Dari antara 1.000.000.000 perokok yang hidup saat ini, 500 juta akan terbunuh oleh tembakau, dengan kecenderungan antara 2005 sampai 2030, 175 juta orang bakal terbunuh, berarti lebih dari delapan juta (8.000.000) kematian per tahun. (World Health Organizatio.2008. WHO report on the global tobacco epidemic 2008. the MPOWER package. geneva:WHO ISBN 978 92 41596282)

           Survey yang dilakukan dinegara maju pada tahun 1990 menunjukkan bahwa di 44 negara maju merokok menyebabkan rata-rata 24 % dari semua kematian laki-laki ,tetapi 35% kematian pada usia pertengahan (35-39) dan merokok juga menyebabkan 7% dari kematian perempuan. 
(world Bank. 1999. curbing the epidemic. governments and the economic of tobacco control. Washington. World Bank. ISBN 0-8213-4519-2).

SEBERAPA BAHAYA TEMBAKAU BAGI KESEHATAN? 

         Kandungan asap rokok telah teridentifikasi mengandung lebih dari 4000 bahan kimia yang diantaranya sangat beracun dan bersifat radioaktif dan lebih dari 40 kandungan kimia didalamnya menyebabkan kanker. Berikut penyakit yang berhubungan dengan rokok:
1. PENYAKIT KARDIOVASKULAR (jantung dan pembuluh darah) PENYAKIT JANTUNG KORONER.  Seorang perokok memiliki kemungkinan mendapat serangan penyakit jantung hingga 10 sampai 15 kali lipat dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

2. PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF MENAHUN (PPOM), INFEKSI PARU, KANKER PARU.
     Penyakit ini juga dikenal dengan penyakit bronkitis berat alisa bengek. di negara maju penyakit ini menjadi salah satu dari tiga pembunuh utama orang dewasa. jika seorang perokok terkena penyakit ini dan tidak berusaha untuk berhenti, makin lama akan semakin sesak dan bisa menyebabkan gagal jantung akibat kesulitan memompa darah ke paru paru yang sudah rusak. 
3. KANKER PANKREAS. Resiko laki-laki yang merokok lebih dari 20 batang rokok/hari adalah  lima kali lebih besar terserang kanker ini dari pada orang yang tidak merokok.
4. STROKE
5. KATARAK
6. KANKER GINJAL, KANDUNG KEMIH, KANKER LEHER RAHIM
   salah satu penyebab kanker ginjal dan kandung kemih adalah merokok. suatu penelitian di inggris menemukan penyakit ini 70% lebih sering dijumpai pada laki laki yang merokok dan 40% wanita yang merokok dari pada yang tidak merokok. sementara kanker leher rahim sangat mungkin ditemukan pada wanita yang merokok.
7. KANKER MULUT DAN TENGGOROKAN.
    Rokok, pipa dan cerutu meningkatkan semua resiko kanker mulut dan tenggorokan seiring dengan jumlah rokok yang dihisap. perokok berat memiliki resiko 20-30 kali lipat lebih tinggi dari pada orang yang tidak merokok. dan tentunya masih ada beberapa penyakit lain yang disebabkan oleh rokok yang tidak bisa disebutkan satu persatu. setidaknya dari sebagian yang disebutkan diatas mewakili bahaya yang ditimbulkan karena merokok.

BAGAIMANA RESPON DARI NEGARA -NEGARA MAJU?...
Perusahaan rokok berusaha untuk tetap memproduksi rokok untuk keberlangsungan usahanya. mereka berusaha membuat inovasi jenis rokok tanpa asap atau dikenal dengan tembakau tanpa asap. berikut contoh jenis-jenis rokok tanpa asap :(dry stuff, snuff dipping, tembakau kunyah, betel quid, gutka, gudakhu,kaini,mishri, zarda, kiwan, nass). Menurut data dari WHO bahwa hampir 400 juta orang pemakai rokok tanpa asap dan menyebabkan kira kira 100.000 orang kematian per tahun pada laki -laki dan 50.000 orang pada perempuan.  

Hal yang perlu kita tahu, perusahan perusahan rokok di Amerika berusaha memperkenalkan tembakau tanpa asap ke EROPA dan lainnya namun mendapat larangan dari beberapa negara seperti yang dilakukan oleh pemerintah INGGRIS, dan kemudian juga diikuti oleh UNI EROPA (kecuali swedia). Tembakau tanpa asap juga di larang di AUSTRALIA, ISRAEL, JEPANG, HONG KONG, SELANDIA BARU, ARAB SAUDI DAN SINGAPURA.

lebih lanjut lagi dibanyak negara barat, iklan rokok dilarang atau bahkan sedang dalam proses pembatasan baik dimedia televisi atau dimedia cetak, papan iklan dijalan khususnya yang ditujukan kepada generasi muda. selain pelarangan iklan, mereka juga melakukan penyuluhan kesehatan akan bahaya rokok, melarang sponsor rokok, dan membuat regulasi siapa dan usia berapa yang boleh membeli rokok. mereka (negara maju) juga menetapkan harga rokok yang sangat mahal, ambil contoh di jerman 1 puntung rokok dijual dengan harga lebih dari Rp.25.000,-. bandingkan dengan di indonesia. 

BAGAIMANA RESPON PERUSAHAAN ROKOK ATAS TINDAKAN PENCEGAHAN YANG DILAKUKAN OLEH NEGARA -NEGARA MAJU DIDUNIA?

1. MENYANGKAL BAHAYA ROKOK.
    Industri ROKOK sudah pasti cemas dengan meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap dampak asap tembakau akan berpengaruh terhadap penjualan mereka. mereka menciptakan organisasi "HAK PEROKOK untuk melawan dengan memberikan pernyataan bahwa asap rokok tidak berbahaya bagi perokok pasif dan bahkan menyewa para ilmuan untuk membuktikan bahwa asap rokok tidak berbahaya bagi kesehatan. perlu diketahui di AMERIKA perusahaan besar ini rela membayar $100.000 kepada dokter yang merokok, dengan begitu mereka tidak perlu banyak BERIKLAN. Masyarakat akan berpikir positif terhadap rokok karena dokter saja merokok.

2. MENDOKTRIN IDIOLOGI MEROKOK DENGAN MEMANFAATKAN REMAJA (UNSTABLE AGE) 
 Anak anak cenderung merokok pada usia 12 tahun keatas, kebanyakan karena adanya peer presure (tekanan teman sebaya). jika kumpulannya adalah anak anak yang merokok, maka jika tidak merokok dianggap tidak jantan/gentlement hingga kemudian mereka menjadi merokok. Bagi anak anak muda, merokok dipandang sebagai tanda keren. tentu saja merokok dikenal sebagai bentuk perilaku berani mengambil resiko dan sebagai simbol pemberontakan. HAL ini merupakan sebuah fakta yang paling disukai bagi perusahaan rokok.

Menurut PHILIP MORRIS: sebatang rokok bagi seorang pemuda adalah suatu tindakan simbolik. "aku bukan anak kecil lagi".,"aku tangguh", "aku seorang petualang", "aku tidak membosankan", dan ketika kekuatan simbolik itu reda, maka dampak kimiawi akan mengambil alih sehingga yang terjadi mereka menjadi kecanduan merokok dan berarti pula penjualan rokok akan tetap terjadi. (disadur dalam: wakil presiden penelitian dan pengembangan Philip Morris, :"Why One Smoke", 1969.Minnesota Trial Exhibit 3681)

3. MEMBANGUN PERUSAHAN-PERUSAHAAN DINEGARA YANG TIDAK MELARANG ROKOK.
    Pernahkan anda terbayang, mengapa banyak produk rokok luar negeri begitu banyak membanjiri pasar Indonesia? sebagai contoh, perusahaan PHILLIP MORRIS asal Amerika, si pembuat merek rokok yang paling besar penjualannnya didunia dengan merek dagang ROKOK "MLBR0" dan M&L , Hasil penjualannya diluar negara Amerika pada tahun 2008 mencapai $63 millyar dollars ($63.000.000.000) . WOW bukan? merek lain yang tidak kalah hebat adalah produk dari  BAT (BRITISH AMERICAN TOBACCO) Dengan merek dagang "DHNL, LCKY STRK, AND PL ML".

Dalam 50 tahun terakhir, upaya aktivis kampanye anti-tembakau telah menghasilkan penurunan pasar tembakau di Amerika Utara, EROPA (khususnya Eropa Selatan), dan Australia. inilah alasan mengapa mereka begitu getol melakukan iklan diindonesia karena di indonesia dianggap sebagai pasar yang memiliki prospek bagus bagi produksi rokoknya, MEREKA BERANGGAPAN, "SELAMA MASYARAKAT TIDAK PEDULI DENGAN KESEHATAN, SELAMA ITU PULA MEREKA AKAN MENIKMATI HASIL PENJUALAN ROKOK DIINDONESIA", SIAPA YANG DIRUGIKAN?....LAGI LAGI MASYARAKAT KHUSUSNYA DAN pemerintah pada umumnya. Akan banyak cadangan devisa yang mengalir keluar negeri.

4. MENGGESER MONOPOLI TEMBAKAU NASIONAL
   "Celah yang dimanfaatkan perusahaan multinasional adalah dengan menggunakan traktat perdagangan bebas yang didukung oleh WTO, tekanan yang kuat dari internasional agar mereka dapat memasarkan produk mereka secara universal di semua negara untuk menghindari pajak yang tinggi, sehingga harga rokok yang mereka jual bisa bersaing dengan produk lokal", SEKARANG LIHATLAH DI INDONESIA, :) 

5. MENGANGKAT ISU "INDUSTRI ROKOK DITUTUP= MENGANCAM EKONOMI BANGSA. 
dengan mengangkat isu tentang konsekuensi yang terjadi jika perusahaan rokok ditutup seperti :
1. akan tumbuh pengangguran, fakta, pembuatan rokok sebenarnya sudah sangat termekanisasi dan hanya membutuhkan tenaga kerja. dibanyak negara, pekerjaan pembuat rokok jumlahnya kurang dari 1% (angka ini sedikit lebih tinggi di Turki, Bangladesh, Mesir,Filipina, Thailand).
2. petani tembakau akan dirugikan. pemilik tahan tidak akan pernah dirugikan dengan tanpa adanya tembakau. justru lahan yang semula ditanam tembakau bisa digunakan sebagai lahan pertanian lain yang lebih menguntungkan dan tidak beresiko. mereka masih bisa tetap berproduksi secara maksimal dengan produk yang lain jika tembakau dilarang. sehingga dampak ekonomi tidak akan begitu terasa secara signifikan. 
3. penerimaan dari sektor pajak dan cukai akan lenyap. pernyataan ini sangat tidak berdasar,, sebagaimana yang sudah dinyatakan di atas, bahwa pendapatan cukai dan pajak hanya 1/3 dari total biaya yang dibayar masyarakat untuk pengobatan karena dampak dari merokok. pertanyaannya, berapa biaya subsidi dan layanan kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk masyarakat?... jumlahnya lebih dari 100 trilliun. Itu berarti pendapatan pajak yang 50 TRilliun hanya 1/2 dari total biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk jaminan kesehatan.... SO, BAGAIMANA MENURUT ANDA ? SIAPA YANG RUGI?... PEMERINTAH BUNTUNG MELULU!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar