inspiration of life

Poem, Politic, Knowledge, Saints, Education, Advertisement and etc.
selamat datang di blog kami,

ANDA boleh saja mengkopy paste file yang saya tampilkan, tetapi mohon dengan hormat mencantumkan URL/alamat site kami sebagai sumber dari artikel anda.

terima kasih atas kunjungan anda. semoga dapat memberi sedikit inspirasi bagi anda... thanks and have a nice day

Cari Blog Ini

Selasa, 24 Januari 2012

“KETIKA KREATIFITAS TELAH DI APRESIASI”



By: Muhammad Darobi.
Sebagaimana kita ketahui, gencarnya pemberitaan tentang mobil ESEMKA telah membuat mata kita terbuka. Indonesia sebenarnya Negara dengan kemampuan luar biasa. Hanya saja pemerintah dimasa yang lalu belum menyadari hal itu. Pentingnya menghidupkan industry dalam negeri adalah sebuah cara membendung system global menguasai pasar dunia.

Indonesia adalah Negara yang besar. Memiliki kemungkinan yang besar pula menjadi Negara yang maju dan kaya. Dengan jumlah penduduk yang lebih dari 230 juta jiwa menempatkan Indonesia sebagai Negara yang memiliki konsumen dalam negeri yang potensial. Kemandirian dalam pembuatan suatu produk tertentu akan menguntungkan kita dimasa yang akan datang; kita memiliki banyak ahli yang handal, sumberdaya manusia yang melimpah. “Hal yang dibutuhkan pemerintah saat ini adalah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada semua orang Indonesia yang krative”.

Pemberian penghargaan kepada mereka akan mendorong dan mensuport banyak orang untuk mewujudkan ide creative mereka. Sebagai hasilnya adalah akan bermunculan hasil karya anak bangsa yang memiliki nilai jual yang tinggi. Tentunya hasil intelektual tersebut akan memberi tempat bagi Indonesia bersaing dalam pengembangan teknologi.

Setidaknya, pemerintah memberi ruang kepada para peneliti untuk berkreasi dengan cara mensuport mereka dalam pendanaan dengan konsekuensi jelas yaitu untuk kepentingan dan pengembangan hak intelektual bangsa. Sebagaimana kita tahu “IDE KREATIF ADALAH MAHAL”. Perlunya pemberian wadah bagi mereka adalah agar mereka bisa memiliki akses untuk mendaftarkan dan memperkenalkan produk hasil kreasi mereka kepada pemerintah, ya tentunya produk yang berkualitas dan memiliki nilai intelektual dan ekonomis yang tinggi seperti produk pesawat terbang yang dibuat di salah satu SMK di jawa barat, mobil SMK, dan berbagai perancangan desain mesin.

Jika pemerintah mau serius, tidak ada hal yang tidak mungkin. Kapasitas kita untuk membangun industry strategis sangat besar. Proses industrialisasi tidak harus pemerintah yang memulai,  menggerakkan sector swasta sebagai produsen dan pemerintah sebagai investor akan lebih efektive serta murah dan menguntungkan bagi pemerintah. Efek lain yang timbul adalah penyerapan tenaga kerja oleh industry baru mampu mengurangi tingkat pengangguran diindonesia.

Keuntungan tersebut tidak hanya berhenti sampai disitu, sebagaimana kita tahu produk teknologi adalah produk yang paling mahal didunia. Dengan menguasai produk strategis tersebut memberikan jaminan bahwa kita bisa sejajar dengan bangsa lain. Sebagaimana kita ketahui bersama, Indonesia tidak selamanya bergantung kepada Negara lain. Indonesia mau tidak mau harus maju dan berkembang. Pemberian hak istimewa kepada industry strategis dalam negeri akan memberikan keuntungan yang luar biasa bagi kegiatan ekonomi suatu bangsa.

Alasan lainnya adalah  perhatian pemerintah  diharapkan agar para insinyur kita mau tinggal dan tidak lari hanya gara gara “Hidup Diindonesia Sebagai Insinyur Yang Bekerja Untuk Pemerintah Tidak Setimpal Dengan Gaji Yang Mereka Terima Sehingga Akhirnya Mereka Lari Ke Luar Negeri Karena Mencari Penghargaan Dan Apresiasi Yang Lebih Tinggi Dan Rasional”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar