inspiration of life

Poem, Politic, Knowledge, Saints, Education, Advertisement and etc.
selamat datang di blog kami,

ANDA boleh saja mengkopy paste file yang saya tampilkan, tetapi mohon dengan hormat mencantumkan URL/alamat site kami sebagai sumber dari artikel anda.

terima kasih atas kunjungan anda. semoga dapat memberi sedikit inspirasi bagi anda... thanks and have a nice day

Cari Blog Ini

Selasa, 16 Agustus 2011

cumi cumi ukuran kecil memiliki jumlah sperma lebih besar dan cara perkawinan yang spesifik.




Christine Dell' Amore
National Geographic
 News Diterbitkan 12 Agustus 2011
Cumi kurus tombak memiliki ukuran dimana itu penting-dalam sperma mereka. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa cumi cumi pejantan memiliki kandungan sperma yang lebih besar dibandingkan cumi cumi yang berukuran besar. mereka juga memiliki cara hubungan sexsual yang berbeda pula, pada umumnya cumi betina akan melakukan perkawinan dengan pejantan yang lebih besar dan menunjukan aktivitasnya melalui denyutan cahaya dari tubuhnya, yang tidak ditunjukkan oleh cumi pejantan ukuran kecil. 

setelah betina memilih pejantannya, pejantan akan menempatkan cumi betina diatasnya dan menyisipkan tangannya, memegang paket saluran sperma ke suatu bagian di mana sperma bergerak menuju indung telurnya. Dia kemudian akan mengawasi betina sampai ia yakin bahwa tidak ada lpejantan yang lain membuahi telurnya. 
Namun pada saat betina mulai bertelur di dasar laut, cumi-cumi yang lebih kecil, mungkin akan melakuka n pendekatan dan melakukan perkawinanan melalui kontak kepala. betina  biasanya "bersedia menerima perkawinan, karena ia memiliki organ penyimpanan sperma yang spesifik  didekat mulitnya  mulut untukpejantan yang lebih kecil," kata rekan penulis studi Yoko Iwata, seorang peneliti postdoctoral di University of Tokyo. 

Meskipun pejantan yang  lebih besar telah melakukan pembuahan terhadap sebagian besar telur, perilaku pejantan yang lebih kecil memastikan bahwa cumi-cumi yang lebih kecil masih memiliki kesempatan untuk menjadi pejantan dari  beberapa keturunannya.  

Dari hasil pengukuran yang dilakukan peneliti, pejantan besar mampu memasukkan sperma mereka kedalam tubuh betina pada saat reproduksi rata rata  73 sepersejuta meter panjang.sedangkan pejantan kecil mampu menghasilkan rata rata 99 sepersejuta meter. Terlebih lagi, dua jenis sperma berenang pada kecepatan yang sama, menunjukkan bahwa sperma yang lebih besar tidak memiliki keunggulan dalam persaingan dengan sperma lebih kecil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar