inspiration of life

Poem, Politic, Knowledge, Saints, Education, Advertisement and etc.
selamat datang di blog kami,

ANDA boleh saja mengkopy paste file yang saya tampilkan, tetapi mohon dengan hormat mencantumkan URL/alamat site kami sebagai sumber dari artikel anda.

terima kasih atas kunjungan anda. semoga dapat memberi sedikit inspirasi bagi anda... thanks and have a nice day

Cari Blog Ini

Senin, 17 Oktober 2011

"BUKANKAH ANDA TERCIPTA DARI YANG KECIL"

(manajemen training dan motivasi.)
               Dari Dale Carnegie dalam bukunya (how to stop worrying and start living) mengisahkan sebuah pohon besar yang telah berusia 400 tahun dan disambar petir sebanyak 14 kali serta telah mengalami goncangan dahsyat selama 4 abad berturut-turut. meskipun demikian pohon tersebut tetap tegar bagaikan gunung yang tegap. kemudian tibalah saatnya gerombolan serangga yang menggerogoti bagian dalam pohon tersebut,sampai pada akhirnya pohon ini rata dengan tanah tanpa meninggalkan jejak. 

               Pohon yang begitu besar, tidak tumbang dengan sambaran petir, tidak goyah dengan hembusan topan, pada akhirnya rubuh juga dengan serangga, makhluk yang kecil yang dengan kekecilannya kita bisa menekannya dengan jari jari tangan jika kita ingin membunuhnya. 

                 Pelajaran yang berharga yang dapat kita ambil adalah. janganlah kita meremehkan hal yang kecil karena kadang kadang hal tersebutlah yang mampu menguncang dunia, tetapi sebaliknya pula jangan pernah meremehkan hal yang kecil, karena kadang itu bisa menghancurkan hidupmu didunia.

                   Ketika kita menarik benang merah dari cerita diatas, banyak sekali aspek dari kehidupan kita yang akan tersentuh. ada beberapa hal yang mungkin akan terbahas dalam artikel ini.

1.Dunia Bisnis.
Didalam kehidupan bisnis, terkadang orang berfikir bahwa dengan modal besar akan memberikan kita penghasilan besar pula. mari kita berpikir ulang untuk mencoba bisnis murahan yang tidak murah. Seorang pendiri kursus bahasa berkata kepada saya, "usaha pendidikan adalah usaha yang murah dan terjamin untungnya, menjual jasa bahasa baginya adalah keberuntungan, tidak perlu modal rupiah setiap bulannya, yang diperlukan hanyalah tempat, papan tulis dan spidol yang bisa terjangkau harganya, penghasilan rata per bulan mencapai 10 JUTA rupiah. karena ia bekerja sendiri, maka semua menjadi milik perseorangan. kemudian seorang penjual angkringan pun bercerita bahwa omset perhari tidak kurang dari 300 ribu setelah dikurangi biaya. tinggal dikalikan saja 300 ribu x 30 hari, maka penghasilan perbulan adalah 9 juta rupiah. mereka bukan pengusaha berdasi tetapi mereka berpenghasilan seperti manajer dan seorang profesional.

2. DUNIA PENDIDIKAN,

mungkin anda akan sedikit berpikir ulang akan hal ini, jika anda masuk perguruan tinggi yang baik dan terkenal, apakah hal tersebut akan menjamin kehidupan anda?. saya kira itu belum tentu. Sebenarnya apasih yang didapat saat kuliah?, ilmu, pengetahuan, atau nilai?

ada bebera poin ynag telah disebutkan diatas jika dibahas akan memiliki banyak makna.
1. jika tujuan kuliah anda adalah mencari ilmu dan pengetahuan, ilmu dan pengetahuan  seperti apa dan bagaimana efeknya didalam kehidupan anda?. apakah dengan ilmu itu menjadikan semua yang anda inginkan terpenuhi?.tanyakan kepada 19.000 lebih pengangguran dari kalangan mahasiswa saat ini.
2. jika yang anda harapkan adalah nilai, maka anda akan mendapatkannya, setelah lulus nanti lalu setelah itu? ... MASIH MENJADI TANDA TANYA.
Lalu apa yang sebenarnya kita dapatkan?... kalau anda masih berpikir seperti diatas, anda akan merugi, belajar diperguruan tinggi tidak lagi untuk tujuan tersebut tetapi lebih kepada tujuan pengembangan diri serta mencari pengalaman. ketika seseorang berada dilingkungan akademisi, ruang sosialnya harusnya memiliki banyak segi positif. organisasi, hubungan sosial yang selama ini tidak pernah tersentuh dalam kurikulum justru yang membentuk seseorang secara intelektual dan emosional menjadi seorang yang kreative,supel dan luar biasa.

3. DUNIA ILMU PENGETAHUAN.
Banyak penemuan penemuan dibidang pengetahuan dan teknologi bermula dari hal kecil yang tidak pernah disengaja. dan banyak pula inspirasi teknologi yang berasal dari hal yang biasa.(lebih lengkapnya silahkan googling dan temukan semuanya).

4. DUNIA AKHIRAT.
   Selama ini mungkin kita tidak menyadari  bahwa dosa dosa kecil yang selalu kita buat telah menjadi gunung dosa. barangkali amalan kita yang besar hanya mampu mengurangi dosa kecil yang telah menumpuk itu, bagaimana tidak, semakin lama manusia semakin lupa akan apa yang seharusnya dilakukan.jiks perbuatan yang dilarang agama telah menjadi hal yang biasa, maka bersiaplah anda menemui diri anda menjinjing gunung dosa kelak dikemudian hari.


kesimpulannya adalah, pahamilah diri anda, segala kebaikan dan hal kecil yang tidak pernah anda duga mungkin hal tersebutlah yang akan membawa anda ke dalam jalan kesuksesan. jangan pernah melihat sesuatu dari luarnya, ada pepatah mengatakan, "look can be deceiving" artinya melihat bisa menipu.



berlaku bijaksana adalah hal yang termulia dalam sisi hidup kita.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar