inspiration of life

Poem, Politic, Knowledge, Saints, Education, Advertisement and etc.
selamat datang di blog kami,

ANDA boleh saja mengkopy paste file yang saya tampilkan, tetapi mohon dengan hormat mencantumkan URL/alamat site kami sebagai sumber dari artikel anda.

terima kasih atas kunjungan anda. semoga dapat memberi sedikit inspirasi bagi anda... thanks and have a nice day

Cari Blog Ini

Kamis, 18 Agustus 2011

TAHUKAH ANDA, NEGARA MANA YANG MEMILIKI SISTEM EKONOMI PALING SYARIAH dalam kehidupan bermasyarakat?...



well, apa tebakan anda?.. iran, arab saudi, atau indonesia kah?.. banyak orang mengira bahwa negara dengan sistem ekonomi syariah adalah salah satu negara dengan pemeluk muslim terbanyak. tetapi  semua itu akan menjadi mencengangkan jika kita melihat fakta dilapangan. berdasarkan beberapa artikel yang saya peroleh seperti :
(https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/is.html,
http://www.bankisrael.gov.il
www.israeleconomicmission.com
www.israelnationalnews.com/Articles/Article.aspx/8778
 http://mudikajogja.wordpress.com/2010/01/27/matauang-shekel-tyrian-dan-pajak-bait-allah/)

Negara Israel memiliki sistem ekonomi yang sangat syariah dibanding dengan beberapa negara islam didunia. Berdasarkan artikel dari berbagai sumber yang beberapa disebutkan diatas, penulis mencoba menyimpulkan bahwa :  mereka mengacu pada perintah ajaran agama mereka.seperti yang tersurat dalam ( Vayikra 25:35) "If your brother becomes impoverished and his means falter in your proximity, you shall strengthen him - proselyte or resident - so that he can live with you." yang artinya
"Jika saudara Anda menjadi miskin dan dia masih dalam jangkauan anda, Anda harus membatu dirinya sehingga ia dapat hidup dengan Anda."
Based on a verse at the end of Malachi, the sages recommend that this charity be at least ten percent of a person's regular income.
Negara israel menetapkan bahwa amal / derma yang musti dibayar oleh masyarakatnya adalah10% dari total penghasilan seseorang. standar ini  melampaui konsep zakat yang ditetapkan dinegara muslim sekalipun. mereka membangun ekonomi yang berkonsep moralitas dan keadilan.

"Helping the poor is not a recommendation, but a commandment from God and a Divine expression of justice; no different than safeguarding the Sabbath or liberating Eretz Yisrael from foreign rule." membantu orang miskin bagi bangsa israel bukan lagi rekomendasi , tetapi merupakan perintah tuhan  menurut keyakinan mereka. Mereka membentuk kesadaran dan rasa tanggung jawab komunal atau rasa kekeluargaan yang sekarang ini mulai pudar dimasyarakat islam. pembangunan rasa solidaritas mulai dari tingkat bawah hingga ke level paling tinggi dari struktur pemerintahan israel merupakan misi dari negara tersebut. boleh dikatakan boleh saja mereka kikir, pelit, kejam terhadap kelompok lain tetapi bagi golongannya sendiri mereka akan berlaku sebagaimana saudara kandung. "Inilah yang perlu kita tiru dari mereka solidaritas atas saudara seiman yang kuat kata alm KH zainuddin dalam ceramahnya (http://www.youtube.com/watch?v=mQQk0TAPW9g&feature=related)".
konsep ini sebenarnya ada dalam ajaran umat muslim, tetapi sekarang tidak lagi terlihat sebagaimana umat muslim terdahulu, jarak antara miskin dan kaya semakin menganga dan solidaritas yang memudar begitu saja membuat umat muslim dunia menjadi rapuh.

Israel memiliki peringkat Indeks Pembangunan Manusia, kebebasan pers, dan daya saing ekonomi yang tertinggi dibandingkan dengan negara-negara Arab di sekitarnya {wikipedia). israel memiliki standar mata uang yang disebut shekel terbuat dari 94% perak berbobot 14,2 gram sebagai alat tukar yang resmi. israel menganjurkan dengan tegas bahwa setiap transaksi perdagangan menggunakan konsep jual beli yang murni yaitu " ada uang -ada barang. selama ini kita tidak menyadari bahwa konsep kredit dalam jual beli ternyata sangat tidak relevan dengan konsep syariah. Penarikan laba yang sangat tinggi menunjukkan bahwa kredit bukanlah cara syariah. 

orang yahudi menyadari bahwa konsep mata uang yang bebas dari goncangan ekonomi, inflasi dan krisis adalah yang berstandarkan emas atau perak seperti dirham. dengan berbagai cara dan melalui konspirasi , orang yahudi membangun konsep ekonomi kapitalis liberal guna menggeser kesadaran masyarakat dunia terhadap penggunaan logam mulia sebagai mata uang.

demikian sekilas tentang kehidupan ekonomi masyarakat israel. banyak hal yang sebenarnya bisa ditambahkan dalam artikel ini, tetapi terlepas dari itu semua, artikel ini hanya sebatas menyodorkan dan memberi bukti sekilas dari konsep ekonomi masyarakat syariah. selebihnya tentang hal hal lain yang tidak disebutkan barang kali telah banyak diulas dalam berbagai artikel  website didunia.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar