inspiration of life

Poem, Politic, Knowledge, Saints, Education, Advertisement and etc.
selamat datang di blog kami,

ANDA boleh saja mengkopy paste file yang saya tampilkan, tetapi mohon dengan hormat mencantumkan URL/alamat site kami sebagai sumber dari artikel anda.

terima kasih atas kunjungan anda. semoga dapat memberi sedikit inspirasi bagi anda... thanks and have a nice day

Cari Blog Ini

Kamis, 14 Januari 2010

UBUR UBUR MAKLUK ABADI


Selama ini yang namanya makhluk hidup abadi alias kekal sepertinya hanya kita jumpai dalam cerita atau film legenda macam Vampir. Kehidupan nan kekal abadi merupakan suatu misteri yang jawabannya akan sangat dinanti nanti oleh seluruh umat manusia di Bumi ini. Kini saatnya kita harus berpikir ulang apakah kehidupan abadi tersebut hanya sebatas mitos atau impian....


Para ilmuwan menemukan suatu jenis ubur-ubur laut, yang ternyata bisa hidup selama-lamanya. Ubur-ubur bernama Turritopsis Nutricula. Awalnya para ilmuwan meneliti penyebab terjadinya ledakan populasi ubur-ubur kecil ini baru-baru ini. Turritopsis Nutricula aslinya berasal dari lautan Karibia yang hangat, tapi sekarang telah menyebar ke seluruh dunia, sampai Amerika, Italia, dan Jepang. Sampai akhirnya para ilmuwan menemukan sebabnya. Ubur-ubur ini, secara biologis, tidak bisa mati.

Ubur-ubur ini ternyata setelah dewasa dan kimpoi, bisa memutar ulang kondisi biologisnya, meregenerasi seluruh selnya, menjadi muda lagi. Proses regenerasi sel ini dalam sains disebut transdiferensiasi (transdifferentiation). Dan ini bisa mereka lakukan terus menerus. Artinya, mereka tidak akan menjadi tua, tetap muda terus, dan tidak akan mati secara biologis.
makhluk hidup kekal abadi
Transdiferensiasi berarti sel yang mencapai tahap tertentu, bisa berubah menjadi sel lain, yang lebih baru dan muda. Sama seperti Salamander atau cecak yang bisa mengganti bagian tubuhnya yang rusak, ubur-ubur ini mampu meregenerasi seluruh sel-sel tubuhnya menjadi muda kembali.
Tidak bisa mati secara biologis artinya tubuh dan sel-sel mereka bisa meregenerasi ulang kembali fungsi-fungsi biologisnya sehingga struktur biologis mereka tidak mengalami penuaan. Tapi mereka bisa tetap mati karena faktor-faktor eksternal, seperti dimangsa binatang lainnya, kerusakan lingkungan ekologis, dan seterusnya.

Sekarang ini mungkin hanya merupakan fakta ilmiah terhadap ubur-ubur. Tidak menutup kemungkinan para ilmuwan akan mampu menemukan jawaban atas kemampuan ajaib dari ubur-ubur tersebut. Setidaknya akan ditemukan jawaban dan obat untuk beberapa penyakit geriatri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar