inspiration of life

Poem, Politic, Knowledge, Saints, Education, Advertisement and etc.
selamat datang di blog kami,

ANDA boleh saja mengkopy paste file yang saya tampilkan, tetapi mohon dengan hormat mencantumkan URL/alamat site kami sebagai sumber dari artikel anda.

terima kasih atas kunjungan anda. semoga dapat memberi sedikit inspirasi bagi anda... thanks and have a nice day

Cari Blog Ini

Minggu, 10 Januari 2010

TRIK SEDERHANA PEMBELOKAN CAHAYA



Coba nyalakan senter atau infrared yang biasa anda gunakan untuk presentasi, perhatikan berkas cahayanya. Selalu lurus bukan? Tentu saja. Berkas cahaya alami memang memancar lurus. Secara teory berkas cahaya dapat dibelokkan. Misalnya jika cahaya ditarik medan magnet gravitasi berkekuatan tinggi seperti Blackhole yang dibentuk oleh bintang mati. Peristiwa pembelokan cahaya seperti ini disebut efek lensa gravitasi. Untuk mengamatinya hanya dapat dilakukan dengan teleskop inframerah dan hasilnya hanya dapat di prediksi dengan pendekatan rumus fisika.
Namun para ilmuan telah mengembangkan teknik agar berkas cahaya yang melengkung dapat dibuat di laboratorium. Bahkan mereka dapat melakukan tanpa membutuhkan gaya gravitasi yang sangat besar. Para peneliti dari universitas florida tengah AS itu hanya menggunakan layar Kristal cair (LCD) biasa beresolusi 500.000 piksel. Setiap piksel layar tersebut deprogram agar dapat membelokkan berkas cahaya, dalam percobaan tersebut, berkas cahaya selebar 1,25 centimeter yang menembus cairan di LCD melengkung. Namun , lebar berkas cahaya menjadi hanya 1 milimeter pada jarak tempuh 35 centimeter.
”Sangat mirip sebuah proyektil yang ditembakkandari senapan, “ ujar Demetrios Christodoulides, salah satu peneliti yang melaporkan temuannya dalam jurnal physical review letters. Layar tersebut mingkin menyebabkan berkas cahaya saling berinterferensi sehingga komponn yang paling berperan menyatu, meninggalkan komponen cahaya lainnya. Demetrios yakin terobosan ini dapat digunakan untuk aplikasi yang sangat banyak. Misalnya, untuk meningkatkan kualitas jaringan telekomunikasi, mikroskop yang lebih canggih, atau lidar ( light detecting and ranging) yang digunakan dalam radar cuaca.

1 komentar: