inspiration of life

Poem, Politic, Knowledge, Saints, Education, Advertisement and etc.
selamat datang di blog kami,

ANDA boleh saja mengkopy paste file yang saya tampilkan, tetapi mohon dengan hormat mencantumkan URL/alamat site kami sebagai sumber dari artikel anda.

terima kasih atas kunjungan anda. semoga dapat memberi sedikit inspirasi bagi anda... thanks and have a nice day

Cari Blog Ini

Minggu, 10 Januari 2010

TERJADINYA ANGIN MATAHARI



Angin Matahari yang diyakini mendorong bumi dan obyek-obyek luar angkasa lainnya ke posisinya di tata surya masa lalu, berhasil dibuktikan asal usulnya. Wahana Hinode milik jepang yang tengah mengintai permukaan Matahari dari orbit bumi berhasil merekam mekanisme dan proses terjadinya. Pemicu angin Matahari sering disebut dengan gelombang Alfven. Nama Alfven tersebut diambil dari nama fisikawan swedia, Hannes Alfven , yang pertama kalinya memprediksi existensinya sampai meraih hadiah nobel tahun 1970.
Gelombang magnetic sangat kuat ini mengalir melalui plasma atau lapisan sangat panas dipermukaan Matahari yang disebut korona. Aliran tersebut memindahkan energy dari permukaan Matahari ke gas bermuatan listrik yang dipancarkan ke segala arah mekanisme tersebut telah membingungkan para ilmuan selama puluhan tahun badan explorasi ruang angkasa jepang (JAXA) memimpin penelitian ini dengan menggunakann wahana Hinode dengan dukungan kerjasama dari NASA dan badan anteriksa eropa (ESA).
Sampai sekarang gelombang Alfven sangat mustahil diamati karena resolusi yang dibuat instrument yang ada sangat terbatas, “ujar alexel pevstov. Ilmuan program Hinode dari NASA. Namun Hinode berhasil menguak dua proses utama yang memicu gelombang Alfven. Terjadinya gelombang Alfven disebabkan karena perubahan bentuk medan magnet Matahari dalam waktu sangat singkat. Perubahan ini memicu aliran gelombang magnetic sangat kuat. Selain itu gelombang ini juga dapat dipicu aktivitas di kromosfer lapisan diantara permukaan Matahari dan korona. Rekaman yang dibuat teleskop optis Hinode memperlihatkan bahwa kromosfer dialiri gelombang Alfven. Saat gelombang tersebut bocor ke korona kekuatannya cukup besar untuk memicu angin Matahari.
Aliran gas bermuatan listrik yang dibawa angin Matahari sebagian hydrogen keluar dari permukaan Matahari ke berbagai arah dengan kecepatan 1,6 juta kilometer per jam. Radiasinya bisa merusak instrument elektronika satelit, pembangkit listrik dan pelralatan komunikasi. Aliran angin Matahari sering mencapai atmosfer bumi , namun sudah berkurang kekuatannya. Medan magnet bumi membentuk selubung di sekitar bumi yang memberikan ruang mengalirkan angin Matahari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar