inspiration of life

Poem, Politic, Knowledge, Saints, Education, Advertisement and etc.
selamat datang di blog kami,

ANDA boleh saja mengkopy paste file yang saya tampilkan, tetapi mohon dengan hormat mencantumkan URL/alamat site kami sebagai sumber dari artikel anda.

terima kasih atas kunjungan anda. semoga dapat memberi sedikit inspirasi bagi anda... thanks and have a nice day

Cari Blog Ini

Minggu, 10 Januari 2010

LILIUOKALANI, SI RATU HAWAII YANG TERAKHIR



Hawaii adalah salah satu Negara bagian dari amerika serikat. Banyak yang belum mengetahui bahwa Negara ini sebelumnya adalah berbentuk kerajaan. Bentuk monarki mulai sejak 1795 hingga 1893. Bentuk monarkhi diakhiri oleh tentera amerika yang menduduki kepulauan tersebut.
Sebagai ratu terakhir kerajaan Hawaii adalah liliukokalani. Ia naik tahta pada 29 januari 1891 dalam usia 53 tahun,. Nama asli ratu yang lahir pada 2 september 1838 dan meninggal pada 11 november 1917 ini adalah Lydia kamakaeha Lydia Liliuokalani paki, juga diketahu sebagai Lydia kamakaeha paki. Pada tahun 1840, Hawaii dengan ibukota Honolulu membentuk parlemen. Pada 1887 honululu diduduki amerika. Pada pendudukan itu, raja dibuat sedemikian rupa sehingga tidak lagi mempunyai kekuasaan.
Tentara amerika datang menyerang dan menduduki lagi pada tahun 1893. Sang ratu ditangkap pada 16 januari 1895. Berakhirlah bentuk kerajaan kemudian kawasan itu dimasukkan dalam wilayah amerika serikat. Hawaii sangat dikenal dengan keindahan alamnya. Pulau pulaunya banyak menjadi tujuan wisatawan asing.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar