inspiration of life

Poem, Politic, Knowledge, Saints, Education, Advertisement and etc.
selamat datang di blog kami,

ANDA boleh saja mengkopy paste file yang saya tampilkan, tetapi mohon dengan hormat mencantumkan URL/alamat site kami sebagai sumber dari artikel anda.

terima kasih atas kunjungan anda. semoga dapat memberi sedikit inspirasi bagi anda... thanks and have a nice day

Cari Blog Ini

Minggu, 10 Januari 2010

KOREK API PERTAMA



Sejak beberapa dekade lalu orang sudah bisa menyulut sesuatu dengan korek api ( korek jress) dan korek api gas. Namun jauh sebelum itu korek gas belum diketemukan dan dikenal. Kapan korek api pertama ditemukan?. Adalah john walker yang menemukan korek api pertama di akhir desember hampir seabad silam, tepatnya tanggal 31 desember 1827. Walker adalah seorang ahli obat obatan inggis. Orang menyebut dia sebagai “friction light”. Walker menjual korek api buatannya dalam sebuah kaleng silinder . tidak lama setelah itu bermunculanlah korek api hasil produk ahli-ahli kimia lainnya. Korek api jress dalam bentuk yang kita lihat sekarang ini adalah ciptaan ilmuan swedia pada tahun 1855.
Kalau ada yang masih ingat pada kotak korek api antara lain ada gambar orang lagi memikul sepasang klenting semacam kuali kecil terbuat dari tanah liat. Korek api masa kini terdiri dari fosfor dan klorat dan bentuk lainnya menggunakan gas dalam beragam bentuk dan kegunaannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar