inspiration of life

Poem, Politic, Knowledge, Saints, Education, Advertisement and etc.
selamat datang di blog kami,

ANDA boleh saja mengkopy paste file yang saya tampilkan, tetapi mohon dengan hormat mencantumkan URL/alamat site kami sebagai sumber dari artikel anda.

terima kasih atas kunjungan anda. semoga dapat memberi sedikit inspirasi bagi anda... thanks and have a nice day

Cari Blog Ini

Minggu, 10 Januari 2010

HEADSET KENDALI OTAK SIAP DILEMPAR KE PASAR



Para ilmuan telah mendemonsrasikan kebolehannya mengembangkan alat kendali otak untuk menggerakkan kursor computer dan bermain game tanpa harus menyentuh keyboard atau joystic sama sekali. Kini alat tersebut segera dinikmati para penggila game. Sebuah perusahaan teknologi dari AS dan Australia bernama EMOTIVE siap memasarkan produk pertamanya. Headset mirip helm yang akan menerjemahkan interaksi sinyal sinyal otak menjadi perintah computer akan dijual dipasaran dalam kurun waktu kedepan.
Ia menangkap aktivitas listrik dari otak dan mengirimkan sinyal secara nirkabel ke computer ”ujar Tan Le Presiden EMOTIVE. Dengan memakainya, pengguna akan merasakan melakukan perintah secara alami sehingga seolah olah masuk ke dunia virtual secara langsung. Alat tersebut dapat menangkap sinyal otak dengan teknologi Electroencephalography (EEG). Headset kendali otak ini yang diberi nama EPOC ini akan membaca kombinasi sinyal yang dihasilkan sekitar 100 milyar sel-sel syaraf atau neuron otak.
Untuk menggerakkan obyak di layar, pengguna cukup memikirkan apa yang ingin dilakukan. Sejauh ini alat ini telah mampu mendeteksi lebih dari 30 ekpresi. Emosi dan perintah dari otak. Antara lain perintah untuk mendorong, menarik, mengangkat, menjatuhkan, dan berputus. Juga ekspresi tertawa, tersenyum dan terkejut ataupun marah. Teknologi ini dipastikan aman dan tidak merusak otak. EEG bukanlah teknologi baru dalam dunia medis dan diperkenalkan sejak 100 tahun lalu. Cara kerjanya juga sudah dihubungkan dengan computer sejak tahun 1970an. Namun baru kali ini teknologi tersebut untuk digunakan dalam bermain game. “ ini kan menjadi headset pertama yang tidak membutukhan banyak jaringan elektroda atau teknisi yang mengatur kaliberasi atau pengoperasiannya dan juga gel dipermukaannya “ujar Le. Harga setiap unitnya akan dijual sekitar $ 229 AS.
Epoc menggunakan sebuah gyroscope untuk mendeteksi pergerakan dan koneksi WIFI untuk berhubungan dengan computer. Pengembangan alat ini merupakan buah kerjasama antara EMOTIVE dan IBM untuk mendorong pasar virtual dan internet dimasa depan. Wakil presiden IBM mengatakan bahwa alat seperti ini akan menjadi komponen utama internet masa depan yang sudah mengekplorasi teknologi tiga dimensi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar