inspiration of life

Poem, Politic, Knowledge, Saints, Education, Advertisement and etc.
selamat datang di blog kami,

ANDA boleh saja mengkopy paste file yang saya tampilkan, tetapi mohon dengan hormat mencantumkan URL/alamat site kami sebagai sumber dari artikel anda.

terima kasih atas kunjungan anda. semoga dapat memberi sedikit inspirasi bagi anda... thanks and have a nice day

Cari Blog Ini

Sabtu, 27 Juni 2009

NOELIBERALIS? SEJAK KAPAN?..... MARI KITA TENGOK SEJARAH DAN FAKTA DI INDONESIA

Neoliberal adalah sebuah bentuk atau platform yang diusung dalam gagasan tatanan dunia baru yang disebut globalisasi. Neo liberalisme di praktikkan pertama kali di Inggris dan Amerika. Di Inggris ini dijalankan oleh Perdana Menteri Inggris pada saat itu yaitu Margareth Thatcher, dengan menghilangkan kewajiban Negara terhadap rakyat yang tidak produktif, mengesampingkan komitmen pemerintah mewujudkan full employment, menekan secara radikal subsidi – subsidi social pemerintah dan sebagai gantinya pemerintah lebih memilih pelayanan terhadap swasta, melakukan pemotongan pajak , menjalankan program privatisasi dan liberalisasi, menghilangkan pengawasan terhadap penyiaran, telekomunikasi, transportasi dan perikanan, memberantas habis seluruh serikat buruh dan menyalahkannya sebagai penyebab rendahnya kinerja industri di Inggris. Bagaimana dengan Indonesia?,,,,, kapan neoliberal itu tumbuh di Indonesia?
Globalisasi yang pada dasarnya neoliberal ini memiliki sejarah yang benar benar gelap. Pabrik, Bank Bank besar dan Hotel mewah, dibangun dengan dasar pembunuhan missal 1 juta penduduk Indonesia di jaman orde baru masa kepemimpinan presiden Suharto. Peristiwa yang sering dilupakan oleh Indonesia dan dunia barat. Tapi banyak orang disini tidak mungkin melupakannya. Beberapa waktu lalu, masyarakat mulai mencari kerangka keluarga tercinta mereka yang dibunuh pada masa orde baru atas bantuan Amerika dan Inggris di pertengahan tahun 1960an. Sampai saat ini fakta tragedy itu masih belum jelas. Pada suatu hari di bulan oktober 1965 sekelompok preman memasuki sebuah sekolah di Jakarta dan lalu membunuh kepala sekolahnya yang dianggap komunis. Pembunuhan seperti inilah salah satu contoh membantaian secara sadis yang dilakukan kepada lebih dari satu juta orang, para guru, murid, para petani. CIA mendiskripsikan sebagai salah satu pembunuhan yang sangat sadis diabad 20 yang sebab sebabnya masih belum diketahui. Peristiwa tersebut akhirnya membawa Soeharto kepuncak kepemimpinan. Kini mulai terbukti bahwa secara rahasia ternyata Soeharto didukung oleh Inggris dan Amerika serta para pebisnis barat.
Satu tahun setelah peristiwa tersebut, perekonomian Indonesia dibangun menurut cara dan bentuk ekonomi Amerika dengan tujuan untuk mempermudah barat menguasai sumber mineral pasar dan buruh murah. Presiden Nixon yang menjabat kepala pemerintah Amerika saat itu menyebutnya sebagai “Upeti Terbesar dari Asia”. Jasa Soeharto bagi pebisnis barat adalah dirinya menyingkirkan pendiri bangsa Indonesia modern Bung Karno, seorang nasionalis yang percaya pada kemandirian ekonomi rakyatnya. Soekarno menentang korporasi barat dan mengusir agen agen barat seperti bank dunia, IMF. Hanya karena salah satu jendralnya, Soeharto berkuasa terbukalah Upeti Terbesar dari Asia.
Menurut Roland Challis (correspondent of BBC 1964-1969) ketika rejim soeharto berkuasa setelah berakhirnya tragedy tersebut, mereka bisa melakukan apa saja dengan masuknya kembali IMF dan world bank”. Katanya mereka akan mensejahterakan Indonesia. Inggris memerlukan banyak propaganda bahwa IMF mampu membawa Indonesia pada kemakmuran yang sesungguhnya. Secara sembunyi sembunyi ternyata Inggris dan Amerika berkonspirasi mendukung jenderal Soeharto. Duta besar Amerika saat itu mengaku bersimpati dan bangga akan hasil kerja angkatan darat Indonesia. Ribuan orang dikumpulkan, rahasia- rahasia saat itu diungkap oleh para pejabat amerika pada saat ini. CIA memberikan daftar berisi nama 5000 “musuh”, dan pejabat kedutaan memastikan nama-nama itu harus dibunuh.
Duta besar inggris pada saat itu sir Andrew Gilchrist menganjurkan “tembakan kecil demi perubahan yang baik”. Mulanya inggris mengatakan tidak tahu atas apa yang telah terjadi, tetapi tentu saja mereka tahu apa yang sebenarnya terjadi. Jelas jelas terlihat mayat mayat yang dibuang di halaman konsulat inggris di Surabaya dan juga mayat mayat yang terapung diselat malaka dsb.

Ditahun 1967 Perusahaan Timelife mengadakan sebuah konferensi di swiss yang merencanakan pengambil alihan sector bisnis di Indonesia. Konferensi ini dihadiri oleh para pebisnis besar dan terkuat didunia misal david Rockefeller, raksasa kapitalisme barat diwakili oleh perusahaan minyak, bank,general motors, British lyeland, ICI, British American tobacco, leman brothers, American express, siemens. Dalam konferensi itu hadir para pemimpin yang dikirim soeharto. Bagi dunia bisnis barat hal ini adalah awal yang sangat baik menuju globalisasi. Tidak seorangpun yang membahas tentang pembunuhan satu juta manusia. Konferensi tersebut berjalan selama 3 hari dengan maksud untuk menentukan prasyarat bagi pebisnis untuk masuk ke indonesia yang tentunya menguntungkan bagi mereka. Hari pertama perwakilan Indonesia menyampaikan pidatonya tentang Indonesia dan kondisi yang sedang terjadi. Hari kedua mereka (para perwakilan dari dunia barat) membagi menjadi lima; pertemuan sektoral. Pertambangan, jasa makanan, industri ringan, perbankan dan keuangan. Chase Manhattan juga hadir disana, kemudian mereka membentuk sebuah kebijakan yang menguntungkan investor sedunia itu untuk masuk ke setiap sector. Mereka berkata kepada delegasi Indonesia inilah yang perlu kami lakukan, ini,,,,, ini dan ini,…. Dan kemudian mereka mendesain infrastruktur hukum untuk kepentingan investasi mereka di Indonesia.
Awal mula globalisasi di jalankan pada tahun 1980 oleh ingris yang dipimpin oleh Margaret thatcher sebagai perdana menteri dan membangun industri pabrik yang menelan dana lebih dari 14 milyar rupiah pada saat itu dan salah satunya adalah pabrik senjata dan perlengkapan perang dimana Indonesia adalah salah satu pasar senjata yang penting bagi inggris. Presiden suharto membeli senjata yang sangat mematikan mulai dari pesawat tempur dan misil sampai kapal perang dan senapan mesin. Masyarakat inggris tidak tahu bahwa milyaran rupiah beralih ke kantong soeharto dalam bentuk kredit exspor. Artinya sebagian besar tagihan senjatanya dibayar oleh pembayar pajak di inggris.
Akhir akhir lalu lebih dari sejuta orang yang kebanyakan orang muda menggelar aksi protes menentang sebuah tata ekonomi baru yang disebut GLOBALISASI. Salah satu gerakan protes terbesar sejak tahun 1960 an. Belum pernah terjadi sebelumnya masa yang begitu besar, bergerak memperjuangkan kemakmuran dan memberantas kemiskinan. Bahkan sebelumnya belum pernah adanya jurang pemisah yang begitu lebar dan ketimpangan yang begitu luas diantara yang kaya dan yang miskin. Inilah globalisasi yang sebenarnya. Saat ini, sekelompok orang orang yang berkuasa ternyata lebih kaya dibandingkan dengan keseluruhan jumlah penduduk di afrika. Hanya dengan 200 perusahaan, seperempat perekonomian dunia sudah dapat dikuasai. Saat lalu dan saat ini general motors lebih besar dari denmark, ford lebih besar dari afrika selatan. Luput dari mata pembeli di jalan jalan besar, merek merek barang terkenal, mulai dari sepatu olah raga sampai pakaian bayi. Hampir seluruhnya dibuat di Negara Negara yang sangat miskin. Dengan upah buruh yang sangat rendah hampir seperti budak.
Untuk mempromosikan nike, pegolf tiger woods dibayar lebih tinggi dibandingkan dengan upah seluruh buruh yang membuat produk nike di Indonesia. Desa global seperti inikah yang disebut sebagai masa depan umat manusia? Ataukah ini semata mata adalah cara lama yang dulunya dilakukan pada jaman raja raja dan sekarang diteruskan oleh perusahaan perusahaan multinasional dengan berbagai lembaga keuangan dan pemerintah sebagai penopangnya. Indonesia adalah sebuah Negara dimana imperialisme lama bertemu dengan imperialisme yang baru. Sebuah Negara dengan sumber daya alam yang melimpah tembaga, emas ,minyak kayu dan SDMnya. Dijajah belanda di abad ke 16 kekayaan alam Indonesia dirampas oleh barat selama beratus ratus tahun lamanya. Ini sesungguhnya hutang barat yang sesungguhnya belum terbayar.
Menurut Pramoedia Ananta Tour (author and former political prisoner) “ratusan tahun lamanya, Indonesia itu dihisap oleh Negara Negara utara. Bukan hanya Indonesia, semua Negara Negara kulit berwarna, sehingga barat menjadi kuat,menjadi makmur, menguasai keuangan dan perdagangan sampai sekarang dan sekarang di dikte oleh IMF, oleh bank dunia, negeri yang begini kaya diubah menjadi Negara pengemis karena tidak ada karakter pada elite politik.”

Kata penganutnya hanya globalisasilah yang mampu menyatukan manusia dari segala ras diseluruh Negara dan menurut mereka globalisasi dapat mengurangi kemiskinan, globalisasi dapat menciptakan kekayaan secara merata. Menurut George Monbiot (environmentalist) “apa yang sesungguhnya terjadi di depan mata kita adalah justru sebaliknya yang miskin makin miskin, sementara yang kaya semakin luar biasa. Sebuah contoh kondisi yang sangat nyata, dalam sebuah pesta perkawinan kalangan elit Indonesia, dua keluarga saudagar disatukan. Beberapa tahun lalu, the world bank menyatakan Indonesia sebagai sebuah Negara dengan dinamika yang sukses, sebuah keberhasilan ekonomi ala globalisasi. Perhiasan dan perhiasab merk vercasa adalah ahsil perolehan keuntungan yang diperoleh dari kebebasan dunia baru. Barang apapun bisa dibeli asal kita memiliki uang. Hal ini berlaku bagi siapa saja di dunia ini. Diluar pesta pernikahan ini terdapat dunia lain di Indonesia 9,5 juta orang hidup dalam kondisi teramat miskin. Jika dihitung seperti buruh sebagai pelayan dipesta itu harus bekerja selama 149 tahun untuk dapat membayar resepsi itu yang begitu mewah.
Tidak sampai 8 kilometer dari resepsi pernikahan itu terdapat kenyataan buruk yang tersembunyi, sisi dari pertumbuhan ekonomi yang tidak diberitakan, sebuah tempat tinggal yang kumuh dekat pembuangan sampah,di pinggiran sungai yang kotor dan rawan penyakit. Disinilah tempat para buruh yang memproduksi merek merek terkenal yang biasa kita beli di pusat pusat perbelanjaan. Kehidupan seperti inilah yang dijalani para buruh demi sepatu bermerek, pakaian bagus dan celana jeans dengan label “ made in Indonesia”. Orang orang muda yang tinggal di tempat tempat itu yang membuat merek merek terkenal rata rata dibayar dibawah 20000 perhari. Setara dengan 1 dolar lebih.inilah upah minimum yang resmi di Indonesia. Menurut pemerintah upah ini setengah lebih tinggi dari standar hidup. Tempat tinggal mereka dibuat dari kotak kotak barang, saat hujan turun mereka tertimpa banjir, dan tidak tersedia air yang bersih. Anak kekurangan gizi dan terjangkit penyakit. Keadaan disini tidaklah berbeda dengan keadaan tempat tinggal para pekerja dibelahan lain, di Asia, Afrika, Amerika Latin, dimana merek merek terkenal diproduksi dengan murah demi keuntungan pasar pasar barat.
Para pekerja di Indonesia bekerja di pabrik pabrik yang kelihatan modern tapi didalamnya kita akan melihat mereka bekerja dengan berdiri, duduk, selama berjam jam, dan tampak dari wajah mereka rasa lelah yang teramat sangat. Di sebuah pabrik kontraktor dari Taiwan dan Korea, yang memperkerjakan buruh dengan upah yang murah untuk memproduksi merek terkenal seperti nike, rebook dan adidas kita dapat melihat realita yang sesungguhnya bahwa kondisi kerja yang sangat buruk terjadi. Anda dapat melihat dan menemukan lebih dari 1000 pekerja wanita muda bekerja dalam keadaan yang begitu sesak di bawah lampu neon bersuhu 40oC dan satu satunya ruangan yang ber AC di lantai atas untuk para bos. Jam kerjanya bervariasi dan sering terjadi penambahan jam secara drastis jika ada pesanan untuk export. Pengakuan dari seorang pekerja menyatakan bahwa, mereka bekerja secara shifts. Mereka bekerja mulai jam 7.30 pagi sampai pagi lagi 7.30 dan terakhirnya sore jam 18.30, jika di kalkulasi mereka bekerja kurang lebih selama 36 jam kerja tiap hari. Dan dengan alasan export terkadang pekerja harus bekerja exstra dengan kondisi berdiri dari pagi hingga tengah malam. Inilah yang terjadi di Indonesia saat ini. Bekerja selama 16 jam sering terjadi karena itu. Yang lebih memprihatinkan adalah masalah implementasi kode etik perusahaan bagi karyawan/ pekerja. Ini tidak dipublikasikan bahkan tidak pernah di berikan/ disampaikan kepada karyawan. Misal tidak diperbolehkan lembur atau kerja long shifts dan lain lain. akibatnya keadilan dan kesejahteraan bagi karyawan terampas. Dari permasalahan diatas perlu adanya pengawasan terhadap kode etik dan perlindungan terhadap karyawan atas perlakuan/ atau penyimpangan yang terjadi.
Menurut Barry Coates (gerakan pembangunan dunia) “hal yang dapat kita lakukan untuk masyarakat di Negara dunia ketiga adalah pada saat kita belanja tanyalah tokonya:dibuat dimanakah produk itu? Kondisi kerjanya bagaimana? Tulislah surat kepada perusahaan jika anda ingin memastikan bahwa pabrik itu memperlakukan para buruhnya dengan adil yang mendukung hak buruh membentuk organisasi buruh. Inilah cara yang paling sederhana yaitu bersikap sebagai konsumen yang terinformasi”.

Siapa para penguasa baru dunia? Kerajaan mereka saat ini lebih besar dari pada kerajaan inggris raya. Kerajaan baru ini hanya sebesar ½ kilometer terletak di Washington. Jalan sepanjang gedung putih sampai departemen keuangan amerika serikat, dikuasai bank dunia dan IMF. Dua lembaga ini adalah delegasi dari Negara Negara terkaya di dunia ini khususnya amerika serikat. IMF dan Bank Dunia di bentuk pada akhir perang dunia II untuk membangun kembali ekonomi eropa. Kemudian dua lembaga itu mulai meminjami uang untuk Negara Negara miskin dengan syarat diberi keleluasaan untuk ikut campur dalam ekonomi Negara tersebut dan perusahaan barat diberi hak untuk mengolah bahan mentah dan dan pemasaran di Negara tersebut. Hutang sebagai alat agar kebijakan IMF dan bank dunia di jalankan di banyak Negara dunia ketiga.
Kondidi saat ini adalah kondisi Negara negra termiskin sudah berada dalam garis kemiskinan yang sangat amat.mereka tidak bisa keluar bahkan penghapusan utang pun tidak mampu menyelamatkan mereka dari kemiskinan. Ini bukan masalah penghapusan utang karena hutang diberikan dibawah tekanan lembaga lembaga internasional atau kolusi yang dilakukan oleh pemerintah yang tidak pro rakyat.
Dr. Susan Goerge menyatakan “ Apakah anda mengetahui perbedaan antara Tanzania dan goldman sachs?. Tanzania adalah sebuah Negara yang memiliki tingkat pendapatan nasional sebesar $2,2 milyar dan dengan jumlah penduduk 25 juta orang, goldman sachs adalah perusahaan penanaman modal yang keuntungannya $2,2 milyar per tahun dengan rekanan bisnis berjumlah 161. itulah dunia yang sedang kita alami saat ini”.

Bank dunia mengatakan tujuannya adalah untuk membantu masyarakat miskin dengan mempromosikan pembangunan global. Sistem yang sebenarnya sederhana, sebuah bentuk soialisme bagi si kaya dan kapitalisme bagi si miskin. Bagi yang kaya menjadi luar biasa kaya dari, hutang, buruh murah, dan menghindari pajak, sementara rakyat miskin semakin miskin karena pekerjaan dan layanan public dicabut untuk membayar bunga pinjaman pemerintah kepada Bank Dunia. Di Indonesia yang sebagian besar rakyatnya masih hidup dalam kemiskinan, korupsi pejabat kaya sudah terlalu parah. Dokumen internal bank dunia membenarkan bahwa seper tiga pinjaman bank masuk dalam kantong dictator soeharto, para kroni dan pejabat korupnya sekitar $80 milyar. Globalisasi berarti modal- uang besar- yang dapat dipindahkan kemana saja dan kapan saja dengan aman . Tahun 1996 tiba tiba modal jangka pendek berpindah ke Asia. Dan hanya semalam mampu melumpuhkan ekonomi asia. Saat nilai tukar rupiah jatuh dari kisaran 2500 per dollar menjadi 10000 per dollar lebih, nilai nike untuk tiap buruh Indonesia terpotong 25% dari harga yang telah ditentukan yang tentunya menguntungkan perusahaan nike karena memperoleh diskon pembeyaran buruh dari jatuhnya nilai tukar. Hal ini disebabkan karena gaji mereka tidak dinaikkan sesuai standar sebelum terjadi devaluasi terhadap rupiah.
Dari uraian di atas kita dapat mengambil kesimplan bahwa neoliberal telah masuk keindonesia sejak tahun 1960 an. Dengan masuknya kembali IMF dan Bank Dunia ke Indonesia. Jika kita ingin melihat fakta, bagaimana neoliberal itu tumbuh dan berkembang diindonesia, ada beberapa bukti yang bisa kita lihat dan kita alami. Sejak berdirinya era refornmasi terjadi kebebasan politik, dan pada saat itu pula neoliberal berkembang secara massif di Indonesia. Jejak jejaknya dapat kita telusuri. Dibidang politik penguatan demokrasi liberal- demokrasi procedural mendapat dukungan dari berbagai lembaga funding yang berperan dalam proses pemilihan umum. Pengawasan pemilian umum tidak bertujuan untuk memastikan keterwakilan masyarakat , namun agar tidak terjadi pelanggaran teknis yang dapat menciptakan instabilitas social politik.
Dibidang ekonomi ditandai oleh proses privatisasi massif. Untuk menyebut asset Negara yang telah dikuasai oleh pemodal asing antara lain ;
1. BRI
2. BNI
3. PT : Adhi Karya, Pembangunan Perumahan, Perusahaan Gas Negara, Asuransi Kredit Indonesia, Kawasan Berikat Nusantara, Pulo Gadung Kumpus Negara, Telkomsel, Bank Mandiri, Danareksa, Angkasa Pura, PT Kimia Farma, Indosement, Jakarta internasional, Semen Gresik, Wisma Nusantara, Intirub, Atmindo, Iglas, Kertas Padalarang, Kertas Basuki Rahmat, dan lain.
Contoh diatas adalah sedikit bukti bahwa kita berada dalam cengkeraman neoliberalisme walaupun tidak sepenuhnya. Ini memberikan kejelasan kepada kita bahwa sudah sejak dulu kita itu neoliberal dan semestinya ini segera disadari untuk segera kembali ke asas yang kita punya yang lebih sederhana dan adil yaitu asas koperasi. Jika ditanya siapa yang salah?. Maka kita sepantasnya bersikap obyektif untuk menghakimi siapa yang salah. Namun yang paling penting adalah merasa sadar dan paham adalah langkah awal yang baik untuk membangun Negara ini menjadi Negara yang mandiri baik secara umum dan khusus dalam segala bidang.

Created by Muhammad darobi SP.d

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar